Senin, 08 Juni 2015

laporan bacaan keterrampilan membaca

LAPORAN BACAAN

 


Mata Kuliah : Pengajaran Keterampilan Membaca
Dosen Pembimbing : Musawir S.Pd



Nama  : Dila Putri Indrias Sari
Npm    : 14020211013
Kelas   : A-B
Prodi   : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Semester : Dua (2)






SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (YPM) BANGKO KAB. MERANGIN
TAHUN 2015


KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirobbil’alamin, puji syukur penulis sampaikan kehadirat Allah SWT. atas rahmat dan hidayah-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan bacaan buku “metode membaca secepat kilat”. Penulisan laporan bacaan ini merupakan salah satu tugas yang diberikan dosen yang mengapu mata kuliah pendidikan keterampilan membaca.
Dalam Penulisan laporan, penulis merasa masih banyak kekurangan, baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan laporan bacaan. Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu dalam menyelesaikan laporan bacaan ini, khususnya kepada Bapak Musawir, S.Pd sebagai dosen pengampu pada mata kuliah ini.
Penulis menyadari sepenuhnya dalam penulisan dan penyajian dalam tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu dengan kerendahan hati penulis akan menerima kritikan dan saran yang bersifat membangun. Akhir kata penulis berharap semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca sekalian. Dan semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

PENDAHULUAN…………………………………………………………………1
LAPORAN BAGIAN BUKU
·         BAB I SEBERAPA PENTING MEMBACA CEPAT…………………….3
·         BAB II DALAM ASPEK APA SAJA BACA CEPAT DAPAT DITERAPKAN…………………………………………………………….5
·         BAB III TRIK DAN RAHASIA MENGUASAI BACA CEPAT…………6
·         BAB IV METODE BACA CEPAT UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN BACA………………….…………………………………8
·         BAB V LANGKAH-LANGKAH DASAR SEBELUM BACA
CEPAT DIMULAI…………………………………………………………10
·         BAB VI DASAR BACA CEPAT………………………………………….12
·         BAB VII METODE KHUSUS DALAM BACA CEPAT PADA
SETIAP MATERI…………………………………………….…………….14
·         BAB VIII MENGAKTIFKAN KEMBALI MATERI BACAAN
PADA PIKIRAN ANDA…………………………………………………..15

KOMENTAR………………………………………………………………………16
PENUTUP………………………………………………………………………….20
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………21








PENDAHULUAN
Penulis melaporkaan buku yang bejudul “metode membaca secepat kilat.Buku ini ditulis Teguh Santoso dengan penyunting Nien, penerbit buku ini adalah Pustaka Widyatama.Diterbitkan pada tahun 2011, buku ini merupakan cetakan petama pada tahun 2011.Tata letak buku ini oleh Rustam Setting dan disain sampul Hengkiy Irawan, kemudian dilakukan Pemeriksaan aksara oleh Dita. Dicetak oleh all rights reserved. Hak cipta dilindungi undang-undang.Pada buku metode membaca secepat kilat tebal buku 96 halaman, ukuran buku 15x23 cm. Distributor tunggal PT Buku Seru yang bertempat Jl. Kelapa Hijau No. 22 Rt. 006/03. Untuk email pada buku ini Imarketingbukuseru@gmail.com.ISBN 979-610-559-4, 978-979-610-559-5.
Garis besar buku ini adalah pertama, prakarta yang disampaikanoleh Teguh Santoso, dimana yang disampaikan sebagai buku pedoman, ada pun sajian buku ini metode membaca secepat kilat yang efektif dan efisian tanpa menyita waktu pembaca , di dalam buku ini penulis memberikan trik dan rahasia menguasai baca cepat, pemahaman mekanisme membaca cepat, metode-metode khusus dalam membaca cepat, cara-cara mengaktifkan materi bacaan dala pikiran. Penulis menjelaskan bahwa dalm buku ini, penulis menjabarkan  langkah demi langkah yang mudah untuk anda pahami dan anda praktikkan sehingga kemampuan anda dalam membaca pun akan meningkat berlipat-lipat.
Kedua, daftar isi yang berisikan judul-judul dan subjudul-subjudul oada setiap bab dan sudah di sediakan halaman dan judulnya. Ketiga, dari halam 1-11 berisiakan (berjudul) tentang SEBERAPA PENTING MEMBACA CEPAT? ; cepat dan tepat menangkap, menyerap dan menguasai informasi, memilih dan memilah informasi penting dan tidak, meningkatkan pemahaman dan kemampuan seseorang, bahan pendalaman BAB 1. Keempat, dari halam 13- 23 berisikan (berjudul) tentang DALAM ASPEK APA SAJA BACA CEPAT DAPAT DITERAPKA? ; anggapan-anggapan orang terhadap baca cepat, semua jenis bacaan, berbagai keperluan, bahan pendalaman BAB 2. Kelima, dari halaman 25-44 berisikan (berjudul) tentang TRIK DAN RAHASIA MENGUASAI BACA CEPAT ; menyingkirkan kendala dan hambatan dalam membaca yamg terbagai lagi atas rasa malas dan cepat bosan, kurang kosentrasi, merasa tidak mampu untu memahami, memiliki kebiasaan yang tidak perlu, selanjutnya pendalaman tentang tanam keyakinan dan niat dalam diri, ikuti langkah-langkahnya dengan baik, bahan pendalaman BAB 3. Keenam, dari halaman 25-56 berisikan (berjudul) tentang METODE CEPAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA ; mekanisme membaca cepat, metode SQ3R yang dimaksut SQ3R adalah survey, question, read, recite, review, bahan pendalam materi BAB 4. Ketujuh, dari halaman 57-69 berisikan (berjudul) tentang LANGKAH-LANGKAH DASAR SEBELUM BACA CEPAT DIMULAI ; pikiran atau otak anda dalam kondisi rileks, yang di bagi menjadi macam-macam gelombang seperti gelombang beta, alfa, theta, delta dan kondisi badan andaa dalam posisi nyama, bahan pendalaman BAB 5. Kedelapan, dari halaman 71-82 berisikan (berjudul) tentang LATIHAN DASAR BACA CEPAT ; melatih gerakan mata secara horizontal dan vertical, mengenali kata, mengenali kelompok kata, menangkap ide utama pada bacaan, bahan pendalaman BAB 6. Kesembilan, dari halaman 83-90 berisikan (berjudul) tentang METODE KHUSUS DALAM BACA CEPAT PADA SETIAP MATERI ; metode baca cepat berdasrkan jenis bacaan seperti membaca buku, Koran, majalah, artikel, selanjutnya pada metode ini membahas metode baca cepat berdasrkan tema bacaan yang berada dalam membaca novel atau fiksi, membaca dengan tema eksak, bahan pendalamn BAB 8. Kesepuluh, dari halaman 91-95 berisikan (berjudul) tentang MENGAKTIFKAN KEMBALI MATERI BACAAN PADA PIKIRAN ANDA ; peninjauan kembali, menuangkan informasi penting ke dalam catatan, dan tidur. Kesebelas, pada halaman 96 berisikan
(berjudul), DARTAR PUSTAKA.






LAPORAN BAGIAN BUKU
BAB 1
SEBERAPA PENTING MEMBACA CEPAT?

A.    Cepat Dan Tepat Menangkap, Menyerap, Dan Menguasai Informasi
Penulis mejelaskan Sebagai mana kita ketahui,saat ini merupakan informasiyang berkembang dengan begitu cepat serta begitu banyak sumber bacaan yang menyajikan berbagai informasi,seperti televisi,majalah,surat kabar harian,internet, dan lain sebagainya. Tanpa di sadari atau tidak,kita semuanya sudah di giring kearah penyerapandan pemahaman informasi yang dalam setiap detik selalu muncul informasi baru.kalau hal itu tidak di sikapi dengan arif dan bijaksana,maka kita akan ketinggalan jauh dengan orang orang yang mengikuti informasi.
Di samping itu,kita dapat mengakses perkembangan informasi dengan semakin mudah dan cepat ini di dukung dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih.kita dapat ketahui kejadian di belahan dunia lain pada saat ini juga,tanpa harus pergi ke Negara tersebut atau tidak menunggu berhari hari bahkan berbulan bulan untuk mendapatkan informasi tersebut.
Sebagai salah satu contoh,salah seorang teman saya adalah pengusaha distributor telur yang mendistributor telur ke pasar dan warung-warung. Ia mengatakan pada saya bahwa setiap hari ia selalu mengikuti peerkembangan harga telur  secara nasional. Saya mendenga ceritanya dengan kaget dan banyak pertanyaan yang muncul dalam benak saya.
Ia menjelaskan bahwa harga telur didapatkan dari langganan khusus meneydiakan informasi tersebut melalu internet. Dan, ia mengekses internet dari HP. Intinya informasi sangatlah penting bagi dirinya untuk menentukan harga beli dari partner-nya dan harga jual ke pasar.
Selain itu dengan  membaca kita dapat menangkap, meneyerap dan menguasai informasi dengan tepat. Karena ketepatan sanagatlah penting untuk menagkap, menyerap, dan menguasaai informasi.Bila ingin menyerap dan menguasainya, maka diperlukan baca tepat sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan itu.




B.     Memilih dan Memilah Informasi
Dengan memilih dan memilah informasi prnulis menyarankan banyaknya sumber informasi atau bacaan yang disodorkan, akan membantu dan memudahkan kita untuk memilih informasi mana yang akan kita sereap. Banyak sumber bacaan tresebut membuat kkita kewalahan dan kebingungan, informasi mana yang penting dan mana yang tidak peting. Bila kita salah memilih sumber bacaan maka kita akan terjebak dengan informasi yang sebenarnya telah kita baca sebelumnya,a atau bahkan tanpa membaca pun kita sudah mengetahuinya.
Jika kita sudah menguasai  metode baca cepat, maka permasalahan tersebut dapat anda atasi. Sehingga materi penting dan sesuai dengan apa yang di inginkan terjawab dengan cepat dan tepat. Hanya perlu melihat sekilas judul buku, bagian cover belakang buku, daftar isi, pengantar, dan sekilas melihat sub-sub judulnya dan heading-nya. Dalam tempo 1-5 menit, dengan cepat akan dapat menentukan apakah  buku tersebut benar-benar penting dan diperlikan atau tidak.
                                                  
C.    Baca Cepat Dapat Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Seseorang
Jika terlalu cepat membaca buku, maka pemahaman terhadap isi buku itu akan berkurang. Ternyata anggapan itu salah. Setelah membaca buku,maka pemahaman terhadap isi buku itu akan kurang. Ternyata angapan itusalah. Setelah saya mengetahui dan merasa bahwa dengan baca cepat saya justru dapat lebih memahami apa yang saya baca. Dengan baca cepat, lebih banyak pemahaman informasi dan iklmu pengetahuan yang saya dapatkan.Oleh karena itu, pemahaman dan kemampuan saya pun semakin meningkat.
Dengan pemahaman yang baik maka secara otomatis kemampuan pun akan meningkat. Ada sebuah ungkapan yang sangat familier, yaitu “orang berilmu tanpa beramal bagaikan orang yang bisa melihat tetapi tidak bisa berjalan (lumpuh). “sebaliknya, “orang yang beramal tanpa ilmu bagaikan orang yang buta.”
Dari ungkapan tersebut membuktikan bahwa ilmu pengetahuan sangat erat kaitannya dengan aktivitas kita. Dengan begitu  mampu memilih mana yang baik dan penting dalam melangkah.




BAB II
DALAM ASPEK APA SAJA BACA CEPAT DAPAT DITERAPKAN?

A.    Anggapan-Anggapan Orang Terhadap Baca Cepat
Penulis meraangkup anggapan orang terhadap baca cepat atau yang berkaitan dengan membaca cepat, banyak di antara kita yang menganggap membaca cepat itu suatu hal yang mustahil untuk dipelajarai.Mengapa demikian? Mereka memiliki alasan bahwa membaca cepat tidak bisa mereka pelajari dan kuasai, yaitu, penulis menyajikan alas an sebagai berikut :
a.       karena kegagalan dalam menerapkan metode baca cepat
b.      membaca cepat hanya diperlukan bagi orang-orang tertentu
c.       membaca cepat sebagai suatu kebohongan belaka
d.      membaca cepat mengurangi kenikmatan membaca
B.     Semua Jenis Bacaan
Anggapan penulis baca cepat dapat digunakann dalam semua jenis bacaan, dari yang ringan, seperti komik atau novel, sampai yang berbahan bacaan yang berat sekalipun, seperti buku-buku ilmiah, jurnal, dan buku-buku teks lainnya. Begitu juga ketika membaca bahan bacaan dalam bnetuk print out di kertas, jelas ada perbedaan bila di bandingkan dengan membaca bahan bacaan di layar bmonitor. Walaupun demikian, dengan menggunakan baca cepat, akan banyak menghemat waktu dalam membaca.
C.    Berbagai Keperluan
Berbagainya keperluan penulis tidak memandang profesi saat ini, apakah seorang akademis, guru, praktisi, pengamat, teknis dll. Jika seorang akademis, seperti dosen atau guru yang dituntut selalu meng-up to date ilmu pengetahuan yang di geluti sebgai bahan yang harus di sampaikan ke siswa di depan kelas maka dengan membaca cepat, dapat dengan mudah memahami apa yang di baca dan menganalisis inti dari bacaan tersebut.
Tetapi dengan bacaan cepat pastinya akan tahu kapan saat harus membaca dengan kecepatan tinggi dan kapan saat harus membaca dalam kecepatan sedikit rendah. Begitu dengan bahan bacaan Koran atau surat kabar, terdapat sedikit perbedaan dalam membaca cepat surat kabar dengan membaca cepat buku.  Membaca cepat aka membantu kita untuk menjadikan kita dalam memahami bacaan yang lebih cepat dan tepat.
BAB III
TRIK DAN RAHASIA MENGUASAI BACA CEPAT

A.    Menyingkirkan Kendala  dan Hambatan Dalam Membaca
Disini penulis memberikan alasaan mengapa pembaca tidak bisa menguasai baca cepat yaitu karena beberapa factor:
a.       Rasa malas dan cepat boosan
b.      Kurang kosentrasi
c.       Merasa tidak mampu untuk memahami
d.      Memiliki kebiasaan yang tidak perlu dalam membaca
1.      Melafalkan
2.      Gerakan kepala yang mengikuti arah bacaan
3.      Sambul menunjuk
4.      Sambil tiduran

B.     Tanam Keyakinan dan Niat Dalam Diri
Setelah factor di atas penulis memberikan pemahaman pada pembaca agar tehidar dari tidak bisa nya membaca cepat.Manusia tercipta sebagai makhluk yang berpikir.Mampu mengubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, dulu manusia tidak yakin bahwa manusia mampu terbang seperti burung.Tetapi dengan terciptanya pesawat terbang, manusia meyakini bahwa dirinya mampu terbang dengan menggunakan pesawat.Begitu juga dengan membaca cepat, sebagian mengatakan bahwa baca cepat tidak mungkin bisa dikuasai dengan begitu cepat.Membaca cepat dikuasai lantaran kebiasaan membaca.
Itulah pentingnya keyakinan dan niat dalam mempelajari metode baca cepat ini bagi penulis.Dengan begitu tanamakan dalam diri keyakinan dan niat dalam diri untuk memulai mempelajari metode baca cepat.







C.    Ikuti Langkah-langkahnya Dengan Baik
Penulis memberikan langkah-langkah untuk metode membaca cepat.
1.      Metode baca cepat untuk meningkatkan kemaampauan baca. Ada pun didalamnya membahas :
a.       Mekanisme membaca cepat
b.      Metode SQ3R
2.      Memperhatikan aspek yang dapat mendukung terhadap proses membaca cepat, menjadi landasan dasar.
a.       Pikiran atau otak anda dalam kondisi rileks
b.      Kodisikan badan anda dalam posisi nyaman
3.      Latihan dasar baca kilat, melatih gerakan mata secara horizontal maupun vertical sehingga akan memudahkan dalam membaca.
4.      Metode khusus dalam baca cepat pada setiap materi.
5.      Mengidentifikasi kembali materi bacaan pada pikiran.




















BAB IV
METODE BACA CEPAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA

A.    Mekanisme Membaca Cepat
penulis membagi mekanisme membaca cepat ke dalm beberapa hal yaitu, Pertama, otak. Kerja otak sanagt luar biasa, ia bisa mengolah informasi dengan cepat dan akurat. Otak kiri terkait erat dengan logika, kata-kata, penalaran, angka, linearitas, analisis, dll.Atau disebut juga dengan “akademik”. Sementara pada sisi kanan berada pada gelombang “alfa” keadaan istirahat, brkaiatn dengan warna, gambar, irama, wajah, imajinasi,melamun, dan pengenalan pola atau peta.
Kedua, pikiran sadar, menegndalikan apa yang sedang dilakukan secra sadar. Memiliki emapat fungsi pokok, yaitu :
1.      Mengidentifikasi informasi yang masuk
2.      Membandingkan
3.      Menganalisis
4.      Memutuskan
Ketiga, pikiran bawah sadar adalah pikiran yang menyimpan memori yang tidak dibutuhkan saat ini, atau informasi yang telah disaring oleh pikiran sadar, dan juaga tempat penyimpanan informasi yang dikirim oleh panca indra yanh terkadang terlewatkan pikiran sadar.
Ketiga komponen tersebutmenjadi unsure penting dalam peranan metode membaca dengan cepat.Perlu diketahui, saat mengalami kesulitan dalam memahami suatu bacaan, anggap saja kesulitan itu seperti kepingn gambar yang masih tercecer, teruskan saja bacannya.

B.     Metode SQ3R
Salah satu metode membaca cepat yaitu SQ3R (survey, question, read, recite, review).Metode ini merupakan suatu rencana membaca yang terdiri dari mensurvey isi, meceritakan isi bacaan dan meninjau kembali bacaan.
a.       Survey (peninjauan)
Survey adalah langkah persiapan yang dilakukan untuk memulai aktivitas membaca. Langkah ini berguna untuk mengumpulkan informasi tentang bacaan yang akan kita baca. Survey dilakukan dengan melihat buku sepintas dengan menggunakan semua unsure wacana yang berisi informasi yang meliputi judul, daftar isi, pendahuluan, indeks, komenter pada sampul buku, untuk memprediksi isi buku,  sehingga mendapatkan materi yang sesuai dengan tujuan membaca.
Beberapa tujuan survey adalah :
o   Mempercepat menangkap arti
o   Mendaptkan abstrak
o   Mengetahui ide-ide penting
o   Melihat susunan bahan bacaan
o   Mendapatkan minat perhatian yang sesakma terhadap bacaan
o   Memudahkan mengingat lebih banyak dan memahami lebih mudah
b.      Question (pertanyaan)
Langakah question memunculkan pertanyaan-pertanyaan seputar gambaran umum yang telah didapatkan dalam proses survey sebelumnya.  Seperti prtanyaan: apa saja gagasan utamanya? Bukti apa saja yang mendukung?, dll.
c.       Read
read atau membaca ada pada langkah ketiga, bukan pada langkah pertama. Saat membaca mulai mengisi informasi ke dalam kerangka pemikiran bab yang di buat pada proses survey dan question.  Langkah ini dimulai dengan mmembaca sub-sub bab dengan tuntas.
d.      Recite
Recite adalah menceritakan isi bacaan yang telah dibaca dengan kata-kata sendiri. Cra melakukannya dengan melihat pertanyaan-pertanyaan yang dibuat sebelum membaca bab tersebut dan cobalah jawab pada selembar kertas tanpa melihat buku.
e.       Review
Review adalah proses meninjau kembali isi bahan baaan, apakah yang diceritakan dengan kata-kata sendiri telah sesuai dengan isi yang sebenarnya atau tidak. Langkah ini membantu untuk menyempurnakan kerangka pemikiran dalam suatu bab dan membangun daya ingat untuk bahan pada bab tersebut. Cara review  terbukti efektif adalah dengan menjelaskan kepada orang lain.





BAB V
LANGKAH-LANGKAH DASAR SEBELUM BACA CEPAT DIMULAI

A.    Pikiran Atau Otak Anda Dalam Kondisi Rileks
Dalam pemahaman ini penulis menejlaskan bahwa pikiran adalah suatu alat untuk menagkap dan menyimpan informasi yang datang dari luar dan sekaligus, memunculkan kembali informasi tersebut bila sedang di butuhkan.Ketika pikiran bawah sadar dalam keadaan terbuka(on) maka informasi yang masuk aka mudah di simpan dalam pikiran tersebut.Tetapi sebaliknya, jika pikiran bawah sadar anda pada saat informasi itu datang dalam datang ke adaan off maka informasi tersebut tidak di terima dan di simpan dalam pikiran bawah sadar tersebut tetapi hanya di simpan dalam pikiran sadar.Kita dapat secara sadar, dengan teknik tertentu, mengembangkan komposisi gelombang otak agar bermanfaat bagi diri kita.
a.       Gelombang Beta
Proses berfikir secara sadar adalah otak berada pada gelombang beta. Merupakan gelombang yang memiliki  frekuensi paling tinggi. Beta terbagi menjadi tiga bagian yaitu, beta rendah 12-15 Hz, beta 16-20 Hz, dan beta tinggi 21-40 Hz. Kita menggunakan beta untuk berfikir, berinteraksi, dan menjalani kehidupan sehari-hari. Bersama dengan gelombang lain, beta sangat di butuhkan dalam proses kreatif. Tanpa beta, semua kreatif yang merupakan hasil pikiran bawah sadar akan tetap terkunci di bawah sadar, tanpa bisa terangkat ke permukaan dan di sadari oleh pikiran.
b.      Gelombang Alfa
Alfa adalah sejenis gelombang yang frekuensinya sedikit lenih lambat di bandingkan beta, yaitu 8-12 Hz. Alfa berhubungan dengan kondisi fikiran yang rileks dan santai.Alfa adalah pintu gerbang baah sadar.Manfaat alfa yang utama dan paling oenting adalah sebegai jembatan penghubung antara pikiran sadar dan bawah sadar.






c.       Gelombang Theta
Theta adalag gelombang otak pada kisaran frekuensi 4-8 Hz, yang di hasilkan oleh pikiran bawah sadar.Pikiran bawah sadar menyimpan materi yang berasal dan kreatifitas yang di tekan atau tidak di beri kesempatan untuk muncul ke permukaan dan materi psikologis yang di tekankan.Theta adalah puncak di dalam pengalaman puncak.Saat kita ingin mengobati dan menyembuhkan tubuh atau pikiran, kita harus masuk ke theta agar dapat mencapai hasil maksimal.
d.      Gelombang Delta
Delta adalah gelombang otak yang paling lambat, pada kisaran frekuensi 0,1-4 Hz dan merupakan frekuensi pikiran seni sadar. Pada saat kita tidur lelap, otak hanya menghasilkan gelombang delta agar kita dapat beristirahat dan memulihkan kondisi fisik.Gelombang beta, alfa, theta, dan delta adalah komponen membentuk kesadaran kita.Ke empat gelombang itu beroprasi dan dalam satu jalinan komposisi rumit yang menentukan kondisi kesadran kita dalam suatu saat.
Beberapa cara yang dapat di lakukan agar pikiran dalam membaca pada ke adaan rileks:
1.      Olah napas
2.      Melakukan beberapa gerakan
a.       Menarik kepala ke kanan, kiri, depan, dan belakang
b.      Meregangkan kedua tangan kedepan, belakang, atas dan bawah sampai menyentuh jari kaki

e.       Kondisi Badan Anda Dalam Posisi Nyaman
Setelah Anda merasa kondisi pikiran Anda rileks, sekarang lanjutkan tahap kedua, yaitu posisi badan Anda harus nyaman.Banyak orang yang pada saat membaca tidak memperhatikan kondisi badanya, seperti sambil tiduran atau sambil berdiri. Di samping itu juga, dengan posisi badan yang tepat akan memberikan efek yang sangat luar biasa. Yaitu, apa yang Anda baca akan terserap dengan sempurna.
Kondisi yang baik untuk membaca adalah dengan cara duduk di kursi, buku di meja, dan badan tegak serta kaki di bawah menyentuuh lantai. Dengan posisi ini Anda akan mampu mempertahankan membaca cepat hari halaman pertama sampai halaman terakhir.


BAB VI
LATIHAN DASAR BACA CEPAT

A.    Meltih Gerakan Mata Secara Horizontal dan Vertikal
Penulis memberikan pandangan dalam pemahaman berikut bahwa dalam proses membaca mata berperan sebagai pintu masuknya informasinya yang berasal dari apa yang dibaca. Dengan memaksimalkan cara kerja mata, kita bisa menyerap lebih banayak isi sebuah buku yang sedang dibaca masuk kedalam memori jangka panjang. Langkah-langkah untuk mengaktifkan potensi mata sebagai pintu masuk informasi saat membaca.
a.       Mengenali kata
Kunci agar bisa melakukan metode membaca cepat salah satunya adalah kemempuan kita mengenali kata.Kata adalah sebagian terkecil dari kalimat, sekaligus menjadi unsure penting dalam sebuah kalimat.
Lakukan metode pengenalan kata dengan melihat kumpulan huruf tanpa maksut mengejanya, baik mengeja di bibir dengan vokalisasi maupun mengeja di dalam hati.Liahat setiap kata di kolom poertama, seterusnya ke kolom selanjutnya dengan sekali lirik.
Baca                Bara                 Baca                Beri
Buku               Buka               Baka                Buku
Selamat           Selamat           Sepakat           Sekamar
Serapah           Sampah           Sumpah           Serah
Mobil               Mebel              Mobal              Moral
Buat gerekan mata berpindah dari satu kolom ke koloml lainnya dengan cepat.

Lihatlah mata anda mengenai satu kata teratas dan dilanjutkan bergerak secara vertical (turun) dengan contoh  berikut.
            Kambing         Saya               Pemerintah
            Rak                  Memakai         Berniat
            Monitor           Jaket                Menaikan
Asbak              Yang               Harga
Kopi                Berwarna         Bahan



b.      Menegnali Kelompok Kata
Kelompok kata adalah kumpulan beberapa kata yang masuk dalam lebar jangkauan mata.Pengelompokan kata dibuat menjadi beberapa tahap, dimulai pada tahap dasar yang hanya terdiri dari kelompok dua kata, sehingga tahap yang sulit terdiri dari kelompok beberapa kata. Untuk melatih membaca dengan kelompok kata dua kata lihat  contoh berikut ini :
Kelompok kata adalah kumpulan beberapa kata yang masuk dalam lebar jangkauan mata.Dalam teknik membaca dengan cepat, pengelompokan kata ini dibuat menjadi beberapa tahap.Dimulai dari tahap dasar yang hanya terdiri dari kelompok sua kata, sehingga tahap yang sulit terdiri dari kelompok beberapa kata.
Membaca secara vertical diaplikasikan pada bacaan-bacaan yang biasanya diatur secara vertical, minsalnya surat kabar, majalah, dan lain-lain.strukturnya memiliki 4-5 kata setiap barisnya, bahkan ada yang lebih. Teknik membaca dengan memfokuskan pandangan mata tepat ditengah-tengah kalimat.
c.       Menangkap ide utama pada bacaan
Salah satu cara untuk menangkap ide pokok dalam teks adalah dengan mencari kata-kata yang penting dalam kalimat. Kita bisa mengabaikan kata-kata lain yang tidak memiliki sambungan yang penting terhadap pemahaman kita terhadap kalimat.Jika telah menemukan dan memahami ide pokok, maka hal-hal yang detail secara otomatis bisa dipahami dengan cepat pula.

                                          











BAB VII
METODE KHUSUS DALAM BACA CEPAT PADA SETIAP MATERI

A.    Metode Baca Cepat Berdasrkan Jenis Bacaan
Penulis menyajikan mana yang menjadu dasar baca cepat pada jenis bacaan masing-masing yaiutu:
1.      Membaca Buku
hal yang sering dilupakan adalah membaca kata pengantar, padahal distulah pengarang atau penulis menuangkan apa maksud dari penulisan buku tesebut. Selanjutnya bacalah bab 1 dengan teliti, catat informasi baru apa yang ada di situ.
2.      Membaca Koran
Penulis meyimpulkan bahwa membaca kabar atau koran sebenarnya bisa dilakukan tanpa membutuhkan waktu yang lama jika anda mengetahui dan menggunakan metode yang tepat.Cukup membaca dengan 2 paragraf awal untuk mendapatkan informasi yang penting saja. Yang mewakili 5 pernyataan prinsip yang biasa di ajukan, yaitu what, who, where, when, why dan how. Dengan mengikuti metode tersebut kita bisa menjadi seorang pembaca surat kabar yang aktif sekaligus efektif.
3.      Membaca Artikel
Dalam artikel  mempunya focus lebih dalam suatau masalah yang berisi pembahasan-pembahasan lebih lanjut . dua paragraph pertama dalam sebuah artikel merupakan paragraph  inti yang mengajak pembaca masuk ke pokok persoalan. Selajutnya bebrapa paragraph terakhir dalam sebuah artikel biasanya merupakan kesimpulan atas seluruh pembahasan.
4.      Membaca Majalah
Untuk menjadi pembaca majalah yang efektif, harus melakukan survey terlebih dahulu terhadap keseluruhan majalah dan menandai artikel-artikel yang menarik dan yang di butuhkan. Dengan begitu akan tehindar dari mehabiskan waktu membaca artkel yang kurang penting.





BAB VIII
MENGAKTIFKAN KEMBALI MATERI BACAAN PADA PIKIRAN ANDA

A.    Peninjauan Kembali
Disini pada pemahaman bab ini peulis memberiak masukan agar peninjauan kembali pada sebuah buku yang telah dibaca bertujuan untuk mengingat kembali informasi yang masuk dengan dengan prinsip repetisi (pengulangan). Langkah peninjauan ini bisa dilakukan setelah mengakhiri bahan bacaan.Ulangi peninjauan kembali pada buku berikutnya, lihatlah catatan selama 10 menit.Tamabah 5-10 menit seminggu kemudian dan seterusnya.Dengan  begitu ingatan kita akan kuat , sehingga sewaktu-waktu di butuhkan bisa dengan mudah anda menculkan ingatan tersebut.
B.     Menuangkan Informasi Penting Ke Dalam Catatan
Penulis dengan menuangkan informasi penting ke dalam catatan yang di buat sendiri, dengan bahasa sendiri, yang paling efektif dalam mencatat poin-poin penting ini adalah dengan cara membuatnya dalam bentuk peta pelajar, yang disebut denga mind map.

Oval: readOval: reciteOval: reviewOval: questionOval: surveiOval: Metode
SQW3R
contoh membuat mind map








C.    Tidur
Penulis membarikan alas an untuk tidur karena tidur adalah aktivitas yang kita butuhkan agar berfungsi normal.Saat kita tidur, muncul periode yang disebut REM (rapid eye movement) secara bergantian dengan periode di mana pergerakan mata tidak sedemikian cepat atau disebut juga non-REM.Periode REM berlangsung selama bebrapa menit hingga satu jam, dengan rata-rata sekitar 20 menit.Ketika priode dimulai, pola aktivitas elektrik dalam otak orang yang tidur berubah menjadi seperti orang yang berada dalam keadaan bagun dan waspada penuh.
KOMENTAR

Untuk mengomentari buku ini penulis melaporakan dengan menggunakan tigabuku  pembanding buku pembanding pertama berjudul “keteampilan membaca cerdas”.Buku pembanding dua “Membaca Sebagai Keterampilan Berbahasa”. Buku pembanding ketiga “Membaca Cepat Dan Efektif”.Pada buku utama yang berjudul “metode membaca secepat kilat” karya Teguh Santoso babI yang membahas seberapa penting membaca cepat, pada buku ini menjelaskan bahwa membaca cepat merupakan suatu alat untuk menangkap, menyerap, dan menguasai informasi dengan cepat dan tepat. Pada bab ini menjadi dasar bahwa pentingnya membaca cepat, saya sendiri menyadari bahwa informasi itu adalah sesuatu yang sangat penting bagi perkembangan pengetahuan dan kemampuan saya. Pada bab ini dijelaskan fungsi membaca cepat yaitu meningkatkan pemahaman dan kemampuan seseorang, menyerap dan menguasai informasi dengan cepat dan tepat, memilih dan memilah informasi penting dan tidak penting di baca oleh pembaca, hal ini dilakukan karena unrtuk mendapatkan informasi mana yang lebih penting dibaca dengan cara memilahnya.
Pembaca juga membaca buku tentang “Keterampilan Membaca Cerdas” sebagai bahan perbandingan.Buku ini dikarang oleh Dr. Ermanto, M.Hum.Penerbit buku ini adalah UNP Press.Cetakan pertama pada tahun 2008.Ketebalan buku ini 179 halaman.Hak cipta dilindungi Undang-undang.Desain sampul buku ini adalah Nasbahry Couto. Dari halaman 1-6 berisikan mengenai Bab I Koridor Membaca Cerdas; Membaca Cerdas akan Menyegarkan Otak, Koridor Membaca Cerdas, dan Latihan Membaca Cerdas.Pada buku pembanding ini menjelaskan melatih membaca cerdas, sedangkan buku utama yaitu metode membaca secepat kilat ditulis oleh teguh santoso.
bagian bab  selanjutnya buku yang dilaporkan sebagaimana kita ketahui bahwa banyak pengetahuan yang dapat kita gali dan kita kembangkan. Semua itu dapat dijadikan sebagai panduan untuk setiap langkah kita dalam melakukan aktivitas. Bab ini menjelaskan dalam aspek apa saja baca cepat dapat diterapkan, ternyata semua itu bisa diterapkan pada setiap orang yang mempunyai keahlian tertentu yang digali untuk mendukung aktivitasnya. Pada bab ini dikatakan di dalamnya bahwa teknik atau metode membaca cepat sanagatlah diperlukan, tetapi bagi penulis tidaklah semua membaca cepat sangat diperlukan, contohnya saja dalam membaca sebuah karya sastra berupa puisi tidak lah indah jika dibacakan dengan menggunakan teknik atau metode membaca karena pemahaman terhadap isi puisi kurang terasa indah atau kurang di nikmati jika di baca cepat.

Pada buku yang dilaporkan dan disini  dikatakan bahwa semua jenis bacaan dapat digunaka dengan baca cepat, jenis bacaan tersebut memang dibedakan kedalam kelompoknya masing-masing , disini penulis menemukan kata yang kurang efektif bagi penulis ketika di baca oleh pembaca. Penggunaan kata pada buku utama/ metode membaca secepat kilat halaman 21, dikatakan semua jenis bacaan, dari yang ringan  seperti komik, novel hingga yang bacaan yang berat seperti buku-buku ilmiah, jurnal, dll. Menurut saya penggunaan kata ringan dan berat pada kalimat tersebut kurang efektif.Mengapa dikatakan kurang efektif? Tentu saja,apakah suatau bacaan itu bisa di ukur berat dan ringannya untuk membedakannya? Bukankah kata berat dan ringan itu kata yang menentukan suatu benda,pekerjaan, seperti “kerdus yang di angkatnya sanagatlah ringan”, dan kata yang berat “ani mengangkat batu yang sangat berat”. Sedangkan pada kalimat tersebut menujukan untuk bacaan, untuk lebih mudah dipahami pembaca, ringan dan berat di ganti dengan jenis bacaan yang fiksi atau non fiksi atau ilmiah atau non ilmiah.
Pada buku pembanding dari halaman 12-28 berisikan mengenai Bab II Kiat Membaca Cerdas: Pahami Jenis dan Karakteristik Bacaan (Wacana); Kiat I: Pahami Jenis Bacaan (Wacana), Kiat II: Pahami Karakteristik Bacaan, Latihan Membaca Cerdas, serta Simpulan. Disini penulis menekankan kepada pembaca dengan latiham membaca cerdas dan memehami ciri-ciri bacaan, berbeda pada buku yang di tulis Teguh Santoso babke II membahas dalam aspek apa saja baca cepat dapat diterapkan.
Trik dan rahasia menguasai baca cepat disini mengkaji menguasai baca kilat dengan tanam keyakinan dan niat dalam diri, ikuti langkah-langkahnya dengan baik, menyingkirkan kendala dan hambatan dalam membaca, yaitu rasa malas untuk membaca, kurang kosentrasi dalam membaca, rasa khawatir yang berlebihan, dan memiliki kebiasaan yang tidak perlu dalam membaca seperti melafalkan, penulis menyarankan agar melafalkan tidak perlu dilakukan karena kecepatan berbicara adalah ssekitar 120 kata per menit maka membaca satu halaman membutuhkan waktu sekitar 2,5 menit.  Melafalkan akan mengakibatkan apa yang dibaca akan memperlambat proses membaca, menggerakan kepala yang mengikuti arah bacaan sambil menunjuk dan sambil tiduran pun juag akan menggau dalam kecepat dalam membaca cepat. Dalam pembahasan ini metode-metode tersebut sudah lumayan jelas untuk dipahami oleh pembaca mana yang hal yang harus d lakukan dan tidak d lakukan untuk menguasai trik dan rahasia baca cepat. Jika ketiga rahasia  untuk menguasai baca cepat tersebut, penulis yakin anda dengan cepat dapat menguasi sehingga anda akan kagum dan terheran-heran terhadap kemampuan ana yang baru, yang sudah menunjukan kemampuan dalam membaca cepat.
Pada buku pembanding membaca cerdas dari halaman 29-39 berisikan mengenai Bab III Kiat Membaca Cerdas: Pahami Letak Topik Paragraf; Kiat III: Pahami Letak Topik Paragraf, Latihan Menemukan topik Paragraf, dan Simpulan. Pada baba ini lebih menelaskan pada kesimpulan untuk merangkup pembahasan dari bab ini .bab ini tidak terlalu d jelaskan tentang pemahaman letaak topic paragraph, karena pemahaman ini bisa di terapkan jika kita telah membaca buku.
Pada buku metode membaca cepat secepat kilat yang ditulis Teguh Satoso, bab IV ini penulis mengambil pendapat ahli menurut Klein dkk, (dalam Farida Rahim, 2005:3), membaca mempunyai tiga makna, yaitu suatu proses, strategis dan interatif.  Buku ini memberikan metode untuk meningkatkan kemampuan baca cepat. Sedangkan pada buku pembanding bab IV yang membahas bahan dari halaman 40-61 berisikan mengenai Bab IV Kiat Membaca Cerdas: Pahami Pemarkah Informasi dalam Bacaan; Kiat IV: Pahami Pemarkah Grafika, Kiat V: Pahami Pemarkah Numerik, Kiat VI: Pahami Pemarkah Linguistik, Latihan Menemukan Informasi Penting Berdasarkan Pemarkah Linguistik, serta Simpulan.
Bab V buku utama memberikan langkah-langkah latihan dasar sebelum baca cepat dimulai, pembahasan bab V ini memberikan arahan agar sebelum anda memulai membaca cepat sebaiknya perhatikan beberapa hal yang dapat memberikan efek  yang dapat dilakukan.Sedangkan pada buku pembanding dari halaman 62-75 berisikan mengenai Bab V Cara Menghilangkan Kebiasaan Membaca Negatif; Kebiasaan Membaca Negatif, Latihan Kecepatan Membaca, dan Simpulan.
Pada bab VI yang membahas latihan dasar baca cepatdisini penulis memberikan arahan agar pembaca dapat melatih membaca dengan dasar baca cepat , yaitu dengan melatih gerakan mata secara horizontal dan vertical lalu setelah itu penulis menagkap ide utama pada bacaan. Sedangkann pada buku pembanding dari halaman 76-93 berisikan mengenai Bab VI Strategi Membaca Cerdas dan Tujuannya; Tujuan Membaca Cerdas, Strategi Membaca Cerdas (I): Skimming, Strategi Membaca Cerdas (II): Scanning, Strategi Membaca Cerdas (III): SQ3R, Strategi Membaca Cerdas (IV): SQ4R, Strategi Membaca Cerdas (V): POINT, Strategi Membaca Cerdas (VI): PQRST, dan Simpulan. Disini pada bab VI membahas secara rinci, sedagkan pada buku utama yang di laporkan hanya metode SQ3R yang di jelaskan , sehingga lebih baik isi pada buku membaca cerdas .



Selanjutnya buku yang dilaporkan pada bab VII dan VIII  dengan pembahasan metode khusus dalam baca cepat pada setiap materi dan mengaktifkan kembali materi bacaan pada pikiran anda. pada bab ini penulis akan mengajak mengaplikasikan metode dasar membaca yang telah dibahas di bab sebelumnya pada jenis-jenis bacaan yang berbeda-beda. Disini penulis memberikan cara cepat untuk menemukan metode  dan mendapatkan pemahaman yang lebih cepat yaitu dengan cara menemukan ‘tombol rahasia’ dalam suatu teks, kita bisa mendapatkan gambaran yang menyeluruh dari berlembar-lembar halaman sebuah teks. Penulis Mengaktifkan kembali materi bacaan pada pikiran anda yaitu disini penulis telah meneliti menunjukan bahwa cara membaca biasa memiliki kecepatan rata-rata 250 kata per menit. Setelah itu kita hanya mengerti 50 persen dari keseluruhan informasi yang masuk dari apa yang kita baca, dan 4 jam kemudian kita hanya menyisakan 10 persen dari apa yang kita baca di dalam memori kita.
Buku pembanding yang dilaporkan dari halaman 76-93 berisikan mengenai Bab VI Strategi Membaca Cerdas dan Tujuannya; Tujuan Membaca Cerdas, Strategi Membaca Cerdas (I): Skimming, Strategi Membaca Cerdas (II): Scanning, Strategi Membaca Cerdas (III): SQ3R, Strategi Membaca Cerdas (IV): SQ4R, Strategi Membaca Cerdas (V): POINT, Strategi Membaca Cerdas (VI): PQRST, dan Simpulan. Pada buku pembanding tersebut isi didalam bukunya lebih menjelaskann secara rinci . buku utam yang dilaporkan metode membaca secepat kilat yang ditulois oleh Teguh Santoso pambaghasan isi nya hanya sampai bab VII, sedangkan pada buku pembanding yang dilaporkan keterampilan membaca cerdas isi yang dibahas lebih rici sehingga pembaca lebih memahami dan mudah dimengeri buku pambanding yang dilaporkan ini bahannya samapai bab X. pada bab terakhir tersebut dijelaskan Mengukur Kecepatan dan Kemampuan Membaca; Persiapan Membaca Cerdas, Cara Menghitung Jumlah Kata dalam Bacaan, Mengukur Kecepatan Membaca, Mengukur Kemampuan Membaca, serta Latihan Membaca Cerdas.Selanjutnya Daftar Pustaka dan Indeks yang terdapat pada halaman 174-176.Sedangkan pada buku utama hanya daftar pustaka yang ada untuk penutup, sedangkan pada buku yang di laporkan ini tidak menggunakan Indeks.





Pada buku pembanding kedua “Mebaca Sebagai Keterampilan Berbahasa” Penulis melaporkan pada buku yang dilaporkan, yaitu buku membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa, menjelasakan tentang keterampilan berbahasa yang mencakup keterampilan menyimak, mendengar, menulis, dan membaca. Membaca dapat pula dibagi atas: membaca nyaring, membaca dalam hati, membaca telaah isi dan membaca telaah bahasa serta penjelaskan secara detail. Namun, bahasa yang gunakan sulit untuk dipahami, karena bahasa yang digunakan terlalu luas.Sedangkan pada buku utama “Metode Membaca Secepat Kilat” bahasa yang digunakan lebih mudah dipahami pembaca, dan pada buku utama memberikan solusi untuk mendapatkan informasi secara cepat tanpa harus menyita waktu lama dalam membaca. Yaitu dengan metode membaca secepat kilat, kita bisamenggunakan waktu dan mengemat waktu  untuk mengetahui informasi.
Penulis juga memberikan bagaimana menjadi pembaca yang baik dan bagaimana memahami makna sebuah materi yang disajikan penulis. Tidak hanya itu penulis juga memberikan bagaimana cara mengembangkan pokok paragraf, serta untuk meningkatkan dan menambah kosakata. Penulis juga memberikan saran bahwa setiap guru harus memiliki penguasaan bahasa Indonesia secara baik dan benar, dan juga diperlukannya untuk menyajikan mata pelajaran yang diasuhnya. Saya (pembaca) merasa bahwa buku ini cukup bagus.Namun harus dilengkapi dengan kegiatan-kegitan atau latihan soal agar mahasiswa atau pembaca dapat memahami materi yang telah disampaikan.
pada buku pembanding ketiga “Membaca Cepat Dan Efektif” penulismelaporbuku ini banyak memberikan sumbangsih dalam kajian membaca, terutama dalam bidang membaca cepat dan efektif.Karena penulis nya berusaha menjelaskan tekni-teknik dalam membaca cepat dan efektif dan juga menjelaskan permasalahan tipe-tipe pembaca yang tidak efektif atau efisien.
Buku ini bisa digunakan anak sma maupun mahasiswa karena buku ini mengandung isi yang sangat berkualitas.Siapapun yang mau mempelajari dengan buku ini akan membantu memahami bagaimana cara membaca cepat yang baik dan benar.
Rujukan pembanding dari buku yang dilaporkan adalah buku Membaca Cepat dan Efektif karangan Drs.Nurhadi diterbitkan di Bandung bulan September 2010, cetakan ke-5 oleh penerbit Sinar Baru Algensindo Bandung, dengan ukuran 21cm tebal ix+189 halaman.Membaca cepat dan efektif yang membahas tentang meningkatkan kecepatan dan keefektifan membaca, metode mengembangkan kecepatan membaca, teknik membaca cepat, modal membaca, meningkatkan sikap kritis dalam membaca.Buku yang dikarang Drs.Nurhadi sangat menarik, lengkap dan terdeskripsi dengan sangat baik.
PENUTUP
Buku (Metode Membaca Secepat kilat) karangan Teguh Santoso, sangat bagus dibaca oleh pembaca yang ingin  mendapatkan iformasi yang penting dan cepat,tanpa menyita waktu pembaca yaitu dengan menggunakan buku (metode membaca secepat kilat ini), penulis memberikan trik dan rahasia menguasai baca cepat, pemahaman mekanisme membaca cepat, metode-metode khusus dalam membaca cepat, cara-cara m,engaktifkan materi bacaan dalam pikiran. Sangat bagus dibaca oleh kalangan guru, dosen, maupun mahasiswa FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dari program studi mana saja, yang lebih khusus Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, guru, dosen, dan sebagainya. Banyak pengetahuan yang dapat diambil dari buku ini, terutama bagi guru atau dosen untuk meningkatkan minat baca, serta memperbanyak kosakata.Tidak hanya itu, penulis juga menjabarkan bagaimana menjadi pembaca yang baik dan memahami makna dari yang disajikan penulis.
Buku (Metode Membaca Secepat Kilat) ini menyajikan metode-metode membaca kilat yang efektif dan efisien sehingga waktu yang dibutuhkan tidak menyita aktivitas anda seharihari dan informasi yang diterima dapat diserap memori dengan sempurna.Dizaman modern ini, kita dituntut untuk selalu up to date terhadap informasi baru dengan sebanyak-bnayaknya, apalagi jika informasi tersebut berkaitan dengan profesi yang kita jalani.Namun dsini penulis menyimpulkan yang menjadi kendala adalah ketiadaan waktu untuk membaca secara menyerap informasi tersebut, apalagi secara mendalam.Dengan membaca buku yang penulis dilporkan ini pembaca dapat cepat, tepat, efektif dan efisien sehingga mendapatkan hasil yangmaksimal dan memuaskan.
Buku ini sangat bagus, dan isinya sangat bemanfaat bagi pembaca. Akan tetapi, saya sebagai penulis laporan bacaan ini mengharapkan kapada penulis agar menjelaskan pengertian terlebih dahulu agar pembaca atau mahasiswa dapat memahami dan materi disajikan secara runtut dan teratur serta memberikan atau mencantumkan kegiatan-kegiatan atau soal latihan pada setiap akhir bab dan subbab. Hal ini dikarenakan untuk menguji pemahaman peserta didik maupun mahasiswa.Untuk kedua buku ini, baik digunakan untuk saling melengkapi.Namun, untuk buku pegangan dalam belajar maupun dalam perkuliahan sebaikknya menggunakan buku karangan Dr. Ermanto, M.Hum.Karena dalam buku tersebut dari segi isinya sangat bagus dan lengkap.Penulis juga memberikan latihan untuk lebih memahami materi yang telah disampaikan.

DAFTAR PUSTAKA

Ermanto. 2008. Keterampilan Membaca Cerdas. Padang : Penerbit UNP Press.
Santoso, Teguh. 2011. Metode Membaca Secepat Kilat. Yogyakarta : Penerbit Pustaka
Widyatama.
Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Bandung :
Angkasa
Nurhadi. 2010. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung : Penerbit Sinar Baru Algensindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar